Thursday, April 12, 2012

Cara Cegah Stretch Mark

Stretch mark atau guratan pada ibu hamil disebabkan karena adanya peregangan kulit pada waktu kehamilan. Pertumbuhan janin usia kehamilan dan penambahan berat badan sang calon ibu mengakibatkan kulit perut ibu hamil mengalami peregangan jaringan kulit hingga melewati batas elatisitas kulit perut, karena itulah terjadi sebuah kerusakan pada jaringan kulit yang pada akhirnya akan menimbulkan stretch mark (ruam perut).
 
Lapisan dalam kulit atau dermis yang terdiri dari serat-serat elastis yang disebut elastin atau kolagen tidak mampu menyesuaikan diri dengan perubahan rentang kulit yang terjadi pada masa kehamilan. Jaringan yang rusak tersebut akan terhubung dengan lapisan bawah kulit dan akhirnya membentuk scretch mark.

Dari awal, marks itu berwarna merah atau ungu rupa luka-luka. Lama kelamaan, tersebut menjadi warna perak. Biasanya stretch mark terbentuk di sekitar perut sampai ke bagian belakang tubuh, dada, bahkan ke pinggul dan pantat ibu hamil. Hanya saja pada dasarnya, strech mark dapat terjadi pada seluruh area kulit yang mengalami perubahan secara drastis.

Salah satu pencegahan terjadinya stretch mark pada ibu hamil yaitu dengan tidak menggaruknya di saat gatal. Ini mungkin sulit dilakukan mengingat kulit di daerah tersebut biasanya kering dan rasa gatalnya memang tidak tertahankan. Untuk mengatasi hal tersebut ibu hamil dapat menggunakan salah satu jenis obat yang berupa lotion (khusus untuk stretchmark) yang dijual di toko-toko kesehatan ataupun apotek. 
Lotion tersebut digunakan di pagi atau sore untuk memberikan rasa lembab pada kulit dan mengurangi rasa gatal. Namun sebelumnya, jangan lupa untuk mengonsultasikannya pada dokter Anda terlebih dahulu.

Stretch mark biasanya berkurang, memudar dan kemudian hilang setelah beberapa bulan bayi lahir, dan lagi stretch mark biasanya tidak berbahaya, namun tetap akan merusak kulit sehat Anda. Jangan khawatir, Anda bisa mengantisipasinya sendiri. Jagalah kelembaban kulit dan tingkatkan elastisitas kulit, yaitu dengan menggunakan pelembab khusus untuk ibu hamil.[] (JRA)

Sumber: www. klikdokter.com

1 comment:

  1. It's just that basically, strech mark can occur in all areas of the skin that undergo drastic changes.

    https://smokdeals.com/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...