Saturday, September 29, 2012

Menurunkan Berat Badan Tergantung Cara Memasaknya

Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, cermatlah dalam memilih bahan masakan. Hindari menggunakan bahan masakan atau metode memasak yang dapat menggagalkan diet Anda.

Berikut 6 cara memasak yang dapat membantu memotong kalori untuk menurunkan berat badan, seperti dilansir besthealth, Kamis (27/09/2012) antara lain:

1. Ganti makanan bertepung dengan kembang kol
Studi terbaru yang dilakukan di University of British Columbia menunjukkan bahwa dengan mengurangi asupan makanan bertepung, seseorang dapat menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol. Anda tetap dapat memperoleh nutrisi yang diperlukan tubuh dengan mengganti makanan bertepung dengan kembang kol.

Kembang kol adalah alternatif makanan yang rendah karbohidrat. Anda dapat memarut kembang kol dan memberi bumbu bawang putih atau bubuk kari agar rasanya lebih lezat. Satu cangkir kembang kol hanya menyediakan 29 kalori dan 5 gram karbohidrat yang lebih rendah.

Sedangkan nasi menawarkan 216 kalori dan 45 gram karbohidrat untuk jumlah porsi yang sama. Sehingga dengan mengganti makanan bertepung dengan kembang kol, Anda dapat menghemat 187 kalori dan 40 gram karbohidrat per porsi makan.

2. Masak ayam dengan kulit, kemudian melepasnya ketika disajikan
Makan ayam dengan kulitnya dapat menumbangkan lemak dan menggagalkan diet penurunan berat badan yang telah Anda jalani. Tetapi mungkin sulit untuk memisahkan kulit ayam dari dagingnya ketika masih mentah, oleh karena itu tetaplah memasak ayam dengan kulitnya terlebih dahulu.

Anda perlu menggosokkan bawang putih dan rempah-rempah lain di bawah kulit untuk memaksimalkan rasa daging. Pisahkan kulit dari daging ayam sesaat sebelum disajikan. Memasak dengan cara ini dapat memotong 56 kalori dan 7 gram lemak per porsi.

3. Membuat burger sendiri dengan mengganti bahan-bahan pendukungnya
Jika sesekali Anda ingin makan burger, cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah daripada membelinya di restoran cepat saji. Burger di restoran disajikan dengan daging sapi dan saus mayones yang menawarkan 37 gram lemak dan 440 kalori per porsinya.

Gantilah daging sapi dengan daging ayam dan menambahkan buah-buahan kering, daun bawang atau nanas. Gunakan putih telur untuk merekatkan semua bahan-bahan tersebut sebelum dipanggang. Cara ini dapat memotong 200 kalori dan 23 gram lemak per porsinya.

4. Mengganti alpukat dengan kacang
Alpukat baik untuk jantung sehat karena dikemas dengan kalium, vitamin E, folat (vitamin B) dan serat, tetapi hindari makan alpukat jika Anda berniat menurunkan berat badan karena sekitar 80 persen dari kalori alpukat berasal dari lemak, meskipun itu jenis lemak yang menyehatkan jantung.

Jika Anda biasa membuat makanan penutup dengan menggunakan alpukat, gantilah dengan menggunakan kacang yang dihaluskan yang menawarkan manfaat yang sama tetapi rendah lemak. Dengan cara ini, Anda dapat memotong 522 kalori dan 58 gram lemak per porsi.

5. Mengganti mayones pada salad dengan minyak zaitun
Salad buah atau sayuran akan kehilangan manfaat sehatnya jika dipadukan dengan saus mayones, sehingga gantilah dengan menggunakan minyak zaitun atau perasan lemon. Memasak dengan cara ini dapat menghemat 225 kalori dari 25 gram lemak per porsi.

6. Rebus kaldu dengan rumput laut kering
Kaldu akan semakin lezat jika Anda menambahkan lebih banyak daging ayam lengkap dengan kulitnya, padahal hal ini menawarkan kalori yang tinggi dan dapat merusak diet Anda. Oleh karena itu kurangi ayam dan tambahkan rumput laut kering atau bumbu rempah-rempah lain yang dapat memperkuat rasa kaldu.

Cara ini dapat memotong 246 kalori dan 15 gram lemak per porsinya.

(ir/ir)
Sumber: Detik Health

0 comment:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...