Sunday, November 11, 2012

Duduk Salah Posisi Tak Cuma Bikin Penyakit, Bisa Juga Bikin Galau

Duduk Salah Posisi bisa Bikin Galau (Waralaba Es Cepat Kaya)
Duduk Salah Posisi Tak Cuma Bikin Penyakit, Bisa Juga Bikin Galau (Waralaba Es Cepat Kaya) -
Duduk terlalu menyandar atau sebaliknya, terlalu membungkuk bukanlah posisi ideal. Selain membebani tulang punggung, posisi ini juga meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis dan bahkan bisa mempengaruhi suasana hati. Nah lho.

Posisi ideal untuk duduk maupun berdiri adalah tegak, tidak terlalu menyandar ataupun membungkuk. Berbagai penelitian telah mengaitkan kesalahan posisi duduk maupun berdiri dengan berbagai risiko penyakit kronis, mulai dari diabetes mellitus hingga gangguan jantung.

Dampak lain dari salah posisi saat duduk antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari MSNBC, Senin (5/11/2012).

1. Penyebab galau
Dalam penelitian terbaru di San Francisco State University, sekelompok relawan diminta berjalan dengan posisi membungkuk dan sebagian lagi berjalan dengan posisi normal. Relawan yang berjalan dengan posisi membungkuk terbukti lebih rentan mengalami depresi.

"Bahkan bahasa kita mencerminkan hubungan ini. Orang yang lemah dikatakan tidak punya tulang dan orang yang bangga dikatakan punya tulang punggung," kata Carol Krucoff, instruktur yoga dan pengarang buku Healing Yoga for Neck and Shoulder Pain.

2. Menyiksa usus dan organ dalam lainnya
Steven Weiniger, penulis buku Stand Taller, Live Longer mengatakan bahwa duduk maupun berdiri dalam posisi bungkuk membuat usus ikut terlipat. Menurutnya, kondisi ini bisa memperlambat segala proses di dalam tubuh yang melibatkan organ-organ tersebut.

Selain dengan menghindari posisi membungkuk, risiko usus terlipat juga bisa dihindari dengan melakukan beberapa gerakan olahraga. Salah satunya seperti yang dilakukan dalam yoga adalah Cobra, yakni tengkurap dengan posisi tangan mendorong tubuh bagian depan setinggi mungkin tapi kaki tetap berada di lantai.

3. Meningkatkan risiko kematian dan penyakit kronis
Penelitian terbaru di Australia menunjukkan bahwa di atas umur 25 tahun, tiap 1 jam nonton TV (yang biasanya dengan posisi terlalu santai dan tidak ideal) bisa mengurangi harapan hidup selama 21,8 menit. Penelitian lain di Inggris mengaitkannya juga dengan peningkatan risiko diabetes mellitus sebanyak 2 kali lipat dan gangguan kardiovaskular sebanyak 147 persen.

4. Kelihatan lebih gemuk
Apakah kursi bisa membuat seseorang tampak lebih gemuk? Ya, menurut Janice Novak, penulis buku Posture, Get it Straight. "Saat Anda (duduk) terlalu membungkuk, organ-organ di sekitar usus tidak punya tempat untuk bergerak kecuali ke bawah dan itu akan membuat Anda tampak lebih gemuk," katanya.

Solusinya sederhana, yakni berdiri dan lakukan aktivitas fisik yang cukup. Sekedar berdiri saja, seseorang bisa membakar kalori 20 persen lebih banyak dibandingkan duduk, serta meningkatkan metabolisme dan kepadatan tulang.

5. Menghambat sirkulasi
Weiniger mengibaratkan tubuh manusia seperti mesin yang memutarkan gas dan cairan terus menerus. Duduk berlebihan, apalagi dengan posisi yang tidak ideal dan kaki disilangkan, bisa menghambat sirkulasi tersebut dan meningkatkan tekanan di beberapa bagian sehingga bisa memicu varises yang disebut spider vein karena menyerupai sarang laba-laba.

Untuk menghindarinya, lakukan gerakan yang merangsang aliran darah dan cairan tubuh ke bagian bawah. Caranya dengan berdiri dalam posisi tegak, lalu angkat salah satu kaki sampai pahanya sejajar dengan tanah. Pertahankan posisi ini selama beberapa waktu lalu ganti dengan kaki yang satunya.
Duduk Salah Posisi Tak Cuma Bikin Penyakit, Bisa Juga Bikin Galau (Waralaba Es Cepat Kaya) -

(up/vit)
Sumber: DetikHealth

0 comment:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...