Friday, November 23, 2012

Pengidap Diabetes Perlu Vitamin D Agar Terhindar dari Infeksi Gigi

Pengidap Diabetes Perlu Vitamin D Agar Terhindar dari Infeksi Gigi - Chantile Beauty Care

Pengidap Diabetes Perlu Vitamin D Agar Terhindar dari Infeksi Gigi (Chantile Beauty Care) - Pengidap diabetes lebih rentan terhadap infeksi yang menyebabkan kerusakan gigi atau periodontitis. Ketika telah terjadi, penyakit ini sulit diobati tetapi dapat dicegah dengan cara sederhana yaitu meningkatkan asupan vitamin D.

Periodontitis adalah peradangan dan infeksi pada jaringan di sekitar gigi yang merupakan penyebab utama hilangnya gigi pada orang dewasa. Sayangnya kerusakan tersebut bersifat ireversibel, yang tidak dapat diperbaiki lagi tetapi hal ini dapat dicegah.
Sebuah studi baru menemukan bahwa vitamin D dapat membantu mencegah periodontitis, terutama pada pasien dengan diabetes. Pengidap diabetes umumnya lebih rentan terhadap infeksi, sehingga lebih berisiko terhadap periodontitis.

Penyakit ini terjadi ketika plak menetap pada gigi selama beberapa hari dan mengeras menjadi tartar, yang kemudian menarik bakteri dan menyebabkan pembengkakan, infeksi atau radang gusi.

Awalnya, gejala ini hanya akan menyebabkan ketidaknyamanan ringan pada mulut yang dapat diatasi dengan membersihkan gigi untuk menghilangkan karang gigi tersebut. Tetapi jika telah terjadi peradangan, dapat terbentuk kantong antar gigi dan gusi, mengundang lebih banyak bakteri dan dapat menyebabkan hilangnya jaringan dan tulang.

Dalam studi yang dipimpin oleh peneliti dari Universitas di Chengdu, Cina, para peneliti menemukan bahwa vitamin D dapat membantu melindungi terhadap periodontitis pada penderita diabetes, seperti dikutip dari MNN, Kamis (21/11/2012).

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Steroid tersebut menemukan bahwa tikus diabetes yang diberi dosis suplemen vitamin D menunjukkan penurunan risiko peradangan yang terkait dengan periodontitis yang lebih baik daripada tikus yang diberi plasebo.

Anda dapat memperoleh keuntungan dari penemuan ini, karena tubuh dapat menghasilkan vitamin D secara alami dengan bantuan sinar matahari. Sehingga, upaya pencegahan periodontitis dapat lebih mudah, yaitu dengan beraktivitas di bawah sinar matahari pagi selama beberapa menit atau Anda juga dapat mengambil suplemen vitamin D.  Pengidap Diabetes Perlu Vitamin D Agar Terhindar dari Infeksi Gigi (Chantile Beauty Care) 

(vit/vit)
Sumber: DetikHealth

0 comment:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...