Sunday, October 11, 2015

Kenali Bahaya CVS dan Cara Mengatasinya

Sudah kenal dengan istilah CVS? yaitu keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer terlalu lama, ya, CVS (Computer Vision Syndrome).

Kebiasaan berlama-lama di depan monitor Laptop maupun PC pasti akan membuat mata lelah dan kepala pening. Entah itu untuk bekerja atau melakukan hal lain seperti bermain game dan browsing, atau bekerja keras mengejar deadline

Efeknya terkadang kita sedikit kesulitan untuk memfokuskan objek pandang, mata merah, perih, bahu sakit dan sebagainya. Hal ini tentunya diakibatkan pancaran radiasi monitor yang terlalu lama saat kita bekerja. Bahkan gangguan seperti mata kering yang membuat mata terasa perih juga mengancam.

CVS terjadi karena otot-otot mata menjadi tegang dan lelah akibat terlalu lama memandang layar komputer, selain itu mata juga menjadi kering karena umumnya jumlah kedipan seseorang pada saat memandang layar komputer berkurang sehingga mata kekurangan air mata. Gejala ini juga dapat diperparah oleh cahaya lampu yang terlalu terang atau angin AC yang terlalu kencang sehingga menyebabkan mata menjadi kering.

Dikutip dari portal detik.com, “Selain sinar matahari, sering bekerja di depan komputer juga bisa membuat mata mengalami penurunan daya penglihatan, apalagi orang sekarang kayaknya nggak bisa lepas dari komputer,” jelas Dr Rini Mahendrastari Singgih, SpM, Paed.Opthal dari Mahendra Indonesia Eye Clinic.
Menurut dokter spesialis mata Dr Made Susiyanti dari RS Jakarta Eye Center, terlalu lama terpapar radiasi dan cahaya yang merusak membuat mata kehilangan zat antioksidan alaminya yaitu Lutein dan Zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata dari gejala perih dan sebagainya. Kekurangan zat tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit katarak dan Age Related Macular Desease (AMD) yaitu menurunnya ketajaman penglihatan seiring dengan bertambahnya usia.

Untuk mencegah masalah tersebut, perlu kita tahu gejala dan cara mengatasinya.

Gejala CVS bisa meliputi sebagai berikut:
  • Mata merah, pedih dan berair
  • Mata kering
  • Mata terasa lelah
  • Kelopak mata atau dahi terasa berat
  • Sakit kepala atau migrain (sakit kepala sebelah)
  • Rasa sakit pada bahu
  • Penglihatan ganda
  • Sulit memfokuskan mata
Selain mengalami CVS, sering bekerja di depan komputer juga bisa menyebabkan miopia (rabun jauh), tekanan bola mata tinggi (glaukoma) dan tarikan pada otot luar bola mata.

Keluhan CVS bersifat sementara dan dapat diatasi dengan cara beristirahat. Penggunaan tetes mata juga dapat membantu meringankan gejala. Namun apabila gejala tidak membaik, anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


Beberapa cara yang dapat dilakukan agar mata tidak cepat lelah saat bekerja di depan komputer, antara lain:
  • Beristirahatlah 10 hingga 15 menit
  • Lihat objek yang jauh kurang lebih selama 10 detik
  • Stretching atau melakukan latihan mata
  • Atur pencahayaan dari komputer
  • Istirahatkan mata selama 1 jam
  • Atur posisi duduk (90 derajat), posisi keyboard (100 derajat) dari siku
  • Jarak layar komputer sekitar 50-75 cm

Sitting Posture yang baik dan benar

Ada juga yang menyarankan untuk beralih ke layar jenis LCD, karena diketahui bahwa layar jenis ini memiliki pancaran radiasi yang cukup kecil. Terlebih, jika kita punya budget lebih, ga ada salahnya mengalokasikan dana untuk membeli kacamata anti radiasi,memang agak mahal, tapi harga tsb ga sebanding dengan bola mata kita yang sehat. Selain bisa dibawa kemanapun kita bekerja, kacamata ini tak hanya berguna saat kita bekerja di d`epan monitor, namuna juga melindungi mata dari cahaya lampu mobil, radiasi TV, dan sebagainya. Faktanya lapisan anti-radiasi pada kacamata tersebut, sangat berguna bagi mata kita. Karena lapisan tersebut secara otomatis mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih.


Pada prinsipnya pencegahan CVS adalah dengan mencegah kelelahan otot mata dan tetap menjaga agar mata tidak kering. Caranya tidaklah sulit, yaitu dengan berkedip lebih sering dan menerapkan aturan 20-20-20 yang maksudnya adalah setiap 20 menit menggunakan komputer, anda harus mengistirahatkan mata anda dengan cara melihat benda yang jaraknya sekitar 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

Semoga Bermanfaat 

Dari berbagai sumber

2 comment:

  1. Terima kasih, saran yang bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. Very valuable content, thanks for sharing. it's really very informative, I am waiting for the next one.
    if you have interest in Vape then check ezCBDwholsale here so many exciting offers and deals are live. click the link to know more:https://www.ezcbdwholesale.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...