Tuesday, September 25, 2012

Kerusakan Gigi Bisa Sebarkan Infeksi ke Seluruh Tubuh

Malas gosok gigi tidak hanya bedampak pada kesehatan gigi dan mulut saja. Kalau dibiarkan terus menerus, kerusakan yang terjadi pada gigi bisa menyebarkan infeksi ke bagian tubuh yang lain dan bisa memicu berbagai penyakit kronis.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), Prof Bambang Irawan, drg, PhD menuturkan bahwa gigi terdiri dari beberapa lapis. Bagian terluar yakni email adalah bagia terkeras, sedangkan makin ke bawah akan makin mendekati saraf dan pembuluh darah.

"Makin ke bawah, kalau terjadi kerusakan maka gigi akan menjadi non vital. Dalam keadaan non vital, kuman bisa berkembang di akar gigi," kata Prof Bambang kepada wartawan dalam Pembukaan Pekan Kesehatan Gigi di Aula FKG UI, Senin (24/9/2012).

Kuman yang berkembang di akar gigi menurut Prof Bambang bisa berbahaya karena dekat dengan pembuluh darah. Kalau kuman penyebab infeksi itu masuk ke pembuluh darah, maka aliran darah akan membawanya ke bagian tubuh yang lain yang kebetulan pertahanan tubuhnya kurang.

Oleh karena itu, Prof Bambang menilai bahwa kesehatan gigi dan mulut sangat mempengaruhi kesehatan umum secara keseluruhan. Apabila tidak dijaga dengan baik, gigi bisa menyebarkan infeksi penyebab penyakit di bagian tubuh yang lain lewat aliran darah.

"Kalau ada infeksi di mulut, dia bisa membawa infeksi ke mana-mana. Sekarang banyak, salah satunya dari dokter-dokter penyakit dalam, kalau ada penyakit kronis maka pertama-tama dilihat dulu giginya. Dibuka, ada infeksi atau tidak di sana," terang Prof Bambang.

Ditambahkan oleh Prof Bambang, kerusakan gigi yang menyebabkan gigi menjadi non vital dan bisa menyebarkan infeksi biasanya terjadi pada orang lanjut usia atau lansia. Selain menyebarkan infeksi, kerusakan gigi pada lansia juga besar pengaruhnya pada asupan nutrisi.


(up/ir)
Sumber: Detikheath

0 comment:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...